Posted on 11.03

The First EMAIL??? Sudjaiman@jaim.com

Filed Under () By superbanggo di 11.03

The first Email!


Email, siapa yang belum punya email? Mungkin kakek dan nenek kita yah.. itu juga mungkin ada yang punya. Ada temen kalian yang belum punya email? Mungkin mereka merasa ga butuh, soalnya uda ada SMS kan? SMS memang lebih mobile dan bisa dikirim ,dibuka, kapan dan dimana aja, selagi masih ada sinyal tentunya. Tapi di era informasi ini, kebutuhan akan internet semakin meningkat, dan kebanyakan fasilitas yang ditemukan di internet membutuhkan akun email kita, friendster contohnya, walaupun Friendster sebenernya ga butuh email address yang valid. (Hehe.. masih banyak tuh, yang email address FS-nya ngaco. ).

Nah, karena kebutuhan kita akan email ini, kami jadi penasaran, siapa sih yang pertama kali kirim email? Bisa dibilang kasusnya sama kaya Alexander Graham Bell yang pertama kali nemuin telpon, dia sendiri yang ngerasain teknologinya kan? Begitu pun dengan email ini, teknologi ini muncul seiringan dengan nenek moyangnya internet, yaitu ARPANET (Advanced Research Projects Agency Networks). Proyek ini dibuat oleh perusahaan yang dipekerjakan oleh badan pertahanan Amerika, tujuannya adalah agar lembaga militer dengan lembaga pendidikan bisa lebih mudah berkomunikasi. Perkembangan emailnya justru baru dimulai pada tahun 1971. Seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan untuk mengerjakan proyek bertajuk SNDMSG (kayanya ini bukan singkatan deh, mungkin maksudnya : SeNDMeSsaGE!). Dulu program yang sejatinya berfungsi mengirim pesan ini sebenarnya sudah bisa bekerja, tapi hanya mengirim pesan ke pengguna lain yang berada di dalam satu komputer aja. Para pengguna bisa mengirim pesan text ke setiap kotak pesan yang terdapat dalam satu mesin. Lalu Ray diminta untuk membuat program ini lebih berguna. Setelah itu Ray berhasil mengembangkan sesuatu yang disebut CYPENET, kali ini tidak hanya dalam satu komputer saja, tapi ke semua komputer yang terjaring di ARPANET. Dan CYPENET tidak hanya mengirim pesan text seperti SNDMSG, CYPENET bisa mengirim file ke antar komputer di jaringan ARPANET.

Setelah itu, Ray membuat terobosan yang merubah sejarah Teknologi Informasi. Dia membuat format alamat email (cont: banggo@superbanggo-man.co.cc) . format ini menentukan kotak pesan yang dituju dan nama komputer yang dituju. Trus tanda “@” maksudnya apa? Kata oom Ray “ya, keliatannya masuk akal aja. Gua pake tanda @ (baca: "at" ,B.indo: "di"-letak-) buat menjelaskan kalo pengguna lagi berada di host yang lain dan bukan keliatan masih di jaringan lokal”.

Sama ceritanya seperti Graham Bell, sejarah akhirnya diukir oleh Ray Tomlinson, beliau mengirim email kepadaaaaa.....................


dirinya sendiri... -_-


email ini berhasil dikirim dari satu komputer ke komputer lain antar Jaringan ARPANET yang berjumlah 10 komputer.


Berkembanglah ARPANET menjadi internet yang penggunaan dan penggunanya lebih luas lagi. Seiring berkembangnya Internet, orang mulai menggunakan email. Karena saat itu ada penyedia layanan email gratis bernama Eudora, ini disinyalir sebagai penyedia layanan email pertama di dunia. Pengguna Eudora terhitung banyak, karena Eudora masih bersifat gratis, sampai suatu saat dibeli oleh sebuah perusahaan. Eudora menjadi penyedia layanan email yang bersifat berbayar. Namun Eudora pun akhirnya tersingkir oleh netscape dan internet explorer. Penggunaan Netscape waktu itu gratis.







Artikel ini sumbernya dari www.mailmsg.com

@NEXT!: pengen punya alamat email keren dan website dengan domain sendiri?

Kaya gini nih..

banggo@superbanggo-man.co.cc

di

www.superbanggo-man.co.cc

ntar deh..

(ini juga belum tentu banyak yang liat^^….)


1 komentar

Anonim on 11 Agustus 2008 pukul 05.55  

keren bang artikel email pertamanya , posting juga dunkz os pertama biar rame , aq request nih