Posted on 04.07

become an ordinary person.

Filed Under () By superbanggo di 04.07

Saya pribadi dari kecil selalu merasa diajari untuk menjadi orang yang sederhana. Sejak SD, pelajaran PPKN (Pendidikan Kewarganegaraan) selalu mengajari saya untuk menjadi manusia yang rajin mengikuti kerja bakti setiap hari jumat, tidak menyalakan radio keras-keras karena bisa mengganggu tetangga. Belakangan saya agak ngerasa, jangan-jangan pribadi gua dulu dibangun dari buku itu. Apapun itu, belakangan ini bisa saya pastiin pelajaran agar rajin mengikuti kerja bakti dan jangan menyetel radio keras-keras itu sebagian besar gagal. Sampel-nya tentu saja hanya dari lingkungan sekitar saya, kurang lebih o,001% dari jutaan orang di Indonesia.

Setiap orang diciptakan unik dan berbeda, tapi karakter suatu bangsa bisa diidentifikasikan dari berbagai hal. Setiap jiwa orang Indonesia pasti berbeda , tak ada yang persis sama. Tapi ternyata sebagian besar bangsa indonesia mempunyai pola pikir yang sama. Kesimpulan tadi saya tarik dari selera pasar orang Indonesia. Orang-orang Indonesia pada umumnya bisa menyukai satu hal yang sama pada saat yang bersamaan, dan pada saat yang sama juga bisa meninggalkan hal tersebut.

Media massa kadang bagi saya adalah suatu "kaca pembesar watak orang Indonesia". Kaca pembesar bisa membesarkan citra sesuatu, tapi hanya bagian yang kecil saja. Itulah yang media massa lakukan, bedanya mereka punya banyak kaca pembesar dan sangat memilih dalam membesar-sebarkan sesuatu.

Bisa jadi orang ini hanya cuap-cuap..

0 komentar