Posted on 09.12

Siklus

Filed Under () By superbanggo di 09.12

Preambul: Note sepanjang ini bukan sekedar menceritakan kisah hidup saya. Jadi walaupun panjang, tapi bukan tentang saya semua kok.

Waktu dulu SD kelas 6, saya sama temen2 sering ngobrolin hal-hal tentang SMP. Dulu saya sama temen2 sering ngehayalin gimana rasanya jadi anak SMP, sambil ngeri pas EBTANAS nanti kaya gimana. Tapi akhirnya lulus2 aja. Setelah masuk SMP, khayalan2 pas SD dulu itu ya gitu2 aja.

Trus pas uda masuk masa akhir SMP. Kita ngehayalin gimana kerennya jadi anak SMA, gimana rasanya pacaran masa-masa SMA. Bebas maen kemana aja, pake celana panjang warna abu2/biru tua (you name it). Dan akhirnya alhamdulillah lulus SMP, dan masuk SMA. Khayalan2 pas SMP pun ya gitu2 aja. Tapi bedanya, masa-masa SMA lebih wah. (Walaupun bagian cerita saya mah 'wah' tapi 'noir' :p)

Yah, generally orang bilang masa-masa SMA itu yang ga bisa diulang lagi, (trus buat yang SMA nya ngulang gimana ya? :P). Dan akhirnya masa-masa SMA pun bergulir begitu saja, tentu dengan kenangan-kenangan yang lebih 'ngena' dibanding kenangan2 SMP dan SD.

Masa-masa akhir SMA dulu dibayangin kengerian ga lulus Ujian Akhir Nasional. Banyak sekali isu-isu beredar soal UAS dan kengerian2nya. Tapi ternyata ya berjalan begitu saja. ( UASnya ya yang berjalan begitu saja..). Selain dan setelah UAS, saya dipusingkan lagi dengan pilihan-pilihan kuliah yang artinya penentuan jalan hidup saya. kurang lebih 2-3 bulan nganggur atau bimbel.

Disini lebih beda. Pilihan-pilihan kita ini adalah kupon akumulasi usaha-usaha kita menempuh wajib belajar 9 tahun dan masa-masa SMA, plus masa vakum 3 bulan pasca UAS itu. Singkat cerita, luluslah saya dengan pilihan yang dipilih oleh ayah saya. Yang untungnya waktu itu ya ngga jauh2 banget dari interest saya, komunikasi. Saya berdoa masuk FIKOM, dan kini dapat ILKOM. Tahun pertama rasa sesal begitu menumpuk mengingat yang kita pelajari 70% itu mata kuliah dasar & umum. Istilahnya mah, SMA kelas 4. Perasaan ingin pindah pun makin kuat,tapi ternyata saya enggan mengulang SPMB, dan komputer ternyata cocok untuk saya. Saya paksa untuk suka programming dan matematika.

Di tahun pertengahan kuliah ini. Bukan kaya dulu SMA,SMP, dan SD yang baru repot ngebayangin gimana langkah selanjutnya. Di pertengahan kuliah ini saya uda bingung ngebayangin langkah saya selanjutnya, langkah kita selanjutnya. Gawai, kerja, rodi, cari nafkah, implementasi ilmu, ga nganggur. Orang banyak sekali bilang, lapangan pekerjaan lulusan komputer itu luas sekali. Bertambahlah pilihan-pilihan itu. Orang bilang, lulusan komputer itu pasti gampang cari kerja.

Saya juga sadar, karena memang iya, teknologi informasi lagi gencar2nya, dan saya hidup di era informasi. Tapi pilihan yang banyak itu ngga ngejamin saya dapat kerjaan yang cocok sama saya. Atau mungkin kejadiannya bakal sama kaya saya masuk ILKOM?

Lalu,Apa itu kerja? Di perkuliahan banyak dosen yang nyaranin mahasiswanya untuk tidak berorientasi pada nilai, tapi pada proses dan hasil akhir pekerjaan kita. Trus Kalau di pekerjaan gimana, apa yang harus kita orientasikan? Bagaimana melamar kerja? Apa guna IPK kita? Apa guna universitas tempat kita dapat wisuda dan difoto pakai toga? Apa beda teman kuliah dan teman kerja? Apa yang terjadi kalau kita nganggur selama 7 bulan? Gimana kalau kita bernasib sama layaknya jurusan pertanian yang berakhir di bank? Haruskah kita idealis mempertahankan keahlian bidang kita, walaupun lapangan pekerjaan yang tersisa jauh dari bidang kita?

semua sebenarnya bisa dijawab dengan begiiituuuuuu gampang. " Berdoa aja sama Allah, dan berusaha.. kalo emang niat dan emang rejekinya pasti dapet yang pas ko".
Dan terimakasih banyak kalo ada yang komen notes ini dengan menyalin jawaban di atas. :p

Bung & nyonya,setelah kita mengeluh dan bertanya-tanya tentang pekerjaan. Kelak setelah kita dapat pekerjaan itu, kita nanti akan sibuk mengeluh dan bertanya-tanya soal melamar istri, dan pernikahan. Insya allah. ;)

Jadi inilah, mungkin, beberapa macam siklus hidup manusia indonesia pada umumnya.

lahir-->balita-->TK-->WajibBelajar 9 tahun-->SMA-->Kuliah-->Kerja-->Nikah-->Karir-->Masa tua.

lahir-->balita-->TK-->WajibBelajar 9 tahun-->SMA-->Kuliah&Kerja-->Nikah-->Karir-->Masa tua.

lahir-->balita-->WajibBelajar 9 tahun-->SMA-->Kerja-->Nikah-->Karir-->Masa tua.

lahir-->balita-->WajibBelajar 9 tahun-->SMA-->Nikah-->Kerja-->Masa tua.

lahir-->balita-->Muda-->Kerja-->Nikah-->Masa tua.


(Tanpa maksud menyindir atau merendahkan. )

So guys, ada yang punya bayangan jelas mu kerja dimana dan kaya gimana?Atau ada yang siap nikah aja? :p

0 komentar